كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ

Kamu (wahai umat Muhammad) adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan bagi (faedah) umat manusia, (kerana) kamu menyuruh berbuat segala perkara yang baik dan melarang daripada segala perkara yang salah (buruk dan keji), serta kamu pula beriman kepada Allah (dengan sebenar-benar iman)

RAHASIA SEDEKAH : Si Gembel yang Luar Biasa

Jumat, 12 Juli 20130 komentar

RAHASIA SEDEKAH : Si Gembel yang Luar Biasa



Allah benar-benar memberi saya sebaik-baik pengalaman hari ini.  Dan pengalaman yang luar biasa sekaligus bikin miris hati.
Sosok itu jelas di mata saya. Sosok seorang pria kumal bin dekil dengan rambut gimbal dan kulit hitam yang sedang clingak-clinguk. Tiap  orang yang pertama kali melihatnya pasti akan bilang dia orang gila. Sebab  memang seperti itu tampilannya,  akan tetapi kenapa beliau ke masjid!  Emang beliau mau ngapain?

Sambil memakai sarung pelan-pelan saya fokuskan mata dan pikiran saya ke sosok menarik ini. Ketika itu tiba-tiba beliau menggulung kedua celana panjang hitam bercampur coklat lumpur dan debunya, kemudian  berdiri seperti menunggu.
Oh..rupanya beliau mau ke kamar mandi, kenapa seperti nunggu? Benar kamar mandi untuk pria sedang ada yang pakai, namun kamar mandi untuk wanitanya kan kosong? Kalau beliau kurang waras pasti beliau bisa dong main nyelonong aja ke situ, jadi beliau tau kalau kamar mandi satunya untuk wanita dan beliau tidak berhak di situ?

Ngga lama kemudian beliau keluar dan segera ke tempat wudhu. Dan mau ngapain beliau? Oh….. mungkin mau membasuh muka, dan tangannya saja. Ane  ngga sempat perhatikan sampai selesai karena iqomat sudah berbunyi.

Saya pun menyempurnakan sholat Dhuhur hingga akhir. Kemudian  berdiri dan balik badan maka kagetlah ane karena beliau si kumal itu sedang duduk attahiyyat akhir di teras masjid sambil menggerakkan ibu jarinya di tiap ruas jari yang lain.
Subhanallah… ane  benar- benar bengong. Dimana  pikiran dan hati ane langsung ngga nyambung, pemilkiran  ane ‘menolak’ kenyataan beliau sholat karena pakaian beliau yang menurut saya ngga sah untuk sholat. Nanum  hati ane benar-benar  terenyuh sekaligus bangga.
Ane  pun merapikan diri  dan bersiap memakai kaos kaki. Pada waktu mau keluar pintu masjid nampak beliau keluar gerbang masjid sambil menunjuk kotak infaq di belakang ane.
Ane  menebak apa yang sedang terjadi. Pada akhirnya saya menyusul keluar dan melewati beliau yang sudah duduk di samping luar masjid.  Beliau si kumal itu masih bisa menolak uang yang ane kasih dan bahkan mengarahkan ane untuk memasukannya ke kotak infaq.
Tiga hal tadi sudah bisa membuat ane sangat kacau. ane bangga. Tapi ngga lama kemudian ane berkata dalam hati “Robb…beliau sudah berbuat hebat seperti itu. Namun  adakah perhatian dari orang-orang sekitar  yang memperhatikan , sedangkan dari tadi hamba lihat wanita berkerudung panjang berseliweran. Pria-pria berjenggot lagi bersih juga hilir mudik.
Dan bukankah beberapa meter dari masjid ini ada komplek perumahan tempat  tinggal walikota dari partai dakwah, daiyah terkenal, dan seorang pengusaha muslim beraset miliaran? Apakah beliau ini luput dari penglihatan mereka? Atau memang beliau sudah didekati tapi tidak mau?”.ane  sibuk menerka sendiri dengan tetap mengutamakan khusnuzhon.

Ane pun menuju motor sambil terdiam. ane merasa linglung. Menurut  logika saya ngga terima. Namun  dengan imanlah akhirnya saya bisa memahami. Alloh berbuat apa yang Dia kehendaki.
Apa yang saya lihat hari ini tidak kalah berharga dengan kisah-kisah hebat para Nabi dan Sahabat yang pernah saya baca. Namun  saya, beribu ribu kali lebih menghormati beliau ketimbang orang-orang berilmu dengan deretan titel haji, doktor, profesor, dan sebagainya, tapi masih sanggup korupsi, sanggup menipu dan merampok hak orang bahkan rakyat, dan sanggup berbuat nista lainnya.

Share :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kisah Teladan Dan Humor Sufi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger