Misteri Alam Kubur [Sebuah Renungan]
BENTUK-BENTUK SIKSA KUBUR
Bentuk dan macam siksa kubur banyak sekali, di antara bentuk dan
macam siksa kubur yang menimpa para penghuninya adalah:
1. Alam Kubur Sangat Gelap dan Seram
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
إِنَّ هَذِهِ اَلْقُبُورَ مَمْلُوءَةٌ ظُلْمَةً عَلَى أَهْلِهَا, وَإِنَّ
اَللَّهَ يُنَوِّرُهَا لَهُمْ بِصَلَاتِي عَلَيْهِمْ
“Sesungguhnya kuburan ini dipenuhi dengan kegelapan bagi
penghuninya. Dan Allah Azza wa Jalla memberi cahaya pada kuburan itu dengan
shalatku atas mereka.” (Telah Berlalu takhrijnya)
2. Azab Kubur Dipukul dengan Cemeti Besi
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
الْعَبْدُ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتُوُلِّيَ وَذَهَبَ أَصْحَابُهُ
حَتَّى إِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ فَأَقْعَدَاهُ فَيَقُولَانِ
لَهُ مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَيَقُولُ أَشْهَدُ أَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ فَيُقَالُ انْظُرْ إِلَى مَقْعَدِكَ
مِنْ النَّارِ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنْ الْجَنَّةِ قَالَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَرَاهُمَا جَمِيعًا وَأَمَّا الْكَافِرُ أَوْ
الْمُنَافِقُ فَيَقُولُ لَا أَدْرِي كُنْتُ أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ فَيُقَالُ
لَا دَرَيْتَ وَلَا تَلَيْتَ ثُمَّ يُضْرَبُ بِمِطْرَقَةٍ مِنْ حَدِيدٍ ضَرْبَةً بَيْنَ
أُذُنَيْهِ فَيَصِيحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيهِ إِلَّا الثَّقَلَيْنِ
Sesungguhnya seorang hamba ketika diletakkan di liang kubur dan
para pengantar pulang maka ia mendengar suara terompah mereka. Datanglah dua
malaikat lalu mendudukkannya kemudian bertanya, Apa komentarmu tentang
Muhammad?’ Adapun orang mukmin menjawab, Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba
Allah dan utusan-Nya.’ Maka dikatakan kepadanya, ‘Lihat tempat tinggalmu dari
api neraka telah diganti oleh Allah dengan tempat tinggal dari surga.’ Maka ia
bisa melihat keduanya. Dan adapun orang munafik dan orang kafir, maka ditanya,
Apa komentarmu tentang orang ini (Muhammad)?’ Dia menjawab, ‘Aku tidak tahu.
Aku mengatakan sebagaimana yang dikatakan orang-orang.’ Maka dikatakan
kepadanya, ‘Kamu tidak mengerti dan tidak tahu.’ Dan dia dipukul dengan gadam
yang terbuat dari besi sekali pukulan. Maka ia berteriak kencang hingga
didengar makhluk yang ada disekitarnya kecuali manusia dan jin!” (HR. Bukhari)
3. Azab Kubur dengan Diimpit Bumi
Dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما berkata, “Pada
suatu hari ketika Saad bin Muadz dikubur maka Nabi صلي الله عليه وسلم
duduk
di hadapan kuburannya lalu bersabda, ‘Seandainya seseorang bisa selamat dari
siksa kubur atau pertanyaan di alam kubur maka Sa’ad bin Muadz pasti selamat
darinya, namun dia diimpit dengan sekali impitan kemudian dilonggarkan
darinya.” (Telah berlalu Takhrij-nya)
4. Azab Kubur dengan Dibelit Ular Berbisa
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
يُرْسَلُ عَلَي الكَافِرِ حَيَّتَانِ
وَاحِدَةٌ مِنْ قِبَلِ رَأْسِهِ وَأُخْرَي مِنْ قِبَلِ رِجْلَيْهِ تَقْرِضَانِهِ قَرْضًا
كُلَّمَا فَرَغَتَا عَادَتَا إِلَي يَوْمِ القِيَامَةِ
“Dikirim kepada
orang kafir dua ekor ular, seekor ular dari arah kepalanya dan yang lainnya
dari arah kakinya yang membelitnya dengan kuat, ketika tuntas maka kembali
membelitnya hingga Hari Kiamat.” [Hasan diriwayatkan Imam al-Haitsami dan
beliau berkata: Diriwayatkan Ahmad dan sanad hadits ini hasan. No: 3/180
(4284)]
5. Azab Kubur Dibakar dengan Api
Sebagian penghuni kubur disiksa dengan api neraka pada pagi dan
petang[1] seperti firman Allah:
ثُمَّ أَرْسَلْنَا مُوسَى وَأَخَاهُ
هَارُونَ بِآيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ مُّبِينٍ. إِلَى فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَاسْتَكْبَرُوا
وَكَانُوا قَوْماً عَالِينَ
Kemudian Kami
utus Musa dan saudaranya Harun dengan membawa tanda-tanda (kebesaran Kami), dan
bukti yang nyata. Kepada Fir’aun dan pembesar-pembesar kaumnya, maka mereka ini
takabur dan mereka adalah orang-orang yang sombong.” (QS Al-Mukminun [23]:
45-46).
Maksud Penulis mungkin adalah firman Allah:
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا
غُدُوّاً وَعَشِيّاً وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ
الْعَذَابِ
Kepada mereka
dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat.
(Dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab
yang sangat keras”. (QS Al-Mu’min/ Ghofir [40]: 46) (Ibnu Majjah)
6. Azab Kubur untuk Orang Sombong
Di antara pemicu siksa kubur adalah sikap angkuh dan sombong,
sebagaimana sabda Nabi صلي الله عليه وسلم :
بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي فِي حُلَّةٍ
تُعْجِبُهُ نَفْسُهُ مُرَجِّلٌ جُمَّتَهُ إِذْ خَسَفَ اللَّهُ بِهِ فَهُوَ يَتَجَلْجَلُ
إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Ketika
seseorang sedang berjalan, mengenakan pakaian yang merasa bangga diri dan
rambut tersisir dengan baik, tiba-tiba Allah tenggelamkan ke bumi dan dia dalam
keadaan sekarat hingga Hari Kiamat.” (HR. Bukhari)
7. Azab Kubur bagi Koruptor dan Pemakan Harta Haram
Rasulullah bersabda:
وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ
الشَّمْلَةَ الَّتِي أَخَذَهَا يَوْمَ خَيْبَرَ مِنْ الْمَغَانِمِ لَمْ تُصِبْهَا الْمَقَاسِمُ
لَتَشْتَعِلُ عَلَيْهِ نَارًا
“Dan demi dzat
yang jiwaku ada di tangan-Nya, sunggnya sehelai kain kecil dari harta ghanimah
yang dia curi pada perang Khaibar yang diluar pembagian ghanimah akan menjadi
bara api (di alam kuburnya).” (HR. Bukhari dan Muslim)
8. Azab Kubur Bagi Orang yang Suka Ghibah atau Namimah dan Tidak
Menjaga Kencing
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا
يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ الْبَوْلِ
وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ ثُمَّ أَخَذَ جَرِيدَةً رَطْبَةً
فَشَقَّهَا نِصْفَيْنِ فَغَرَزَ فِي كُلِّ قَبْرٍ وَاحِدَةً قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ
لِمَ فَعَلْتَ هَذَا قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفِّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا
“Sesungguhnya
keduanya disiksa dan keduanya tidak disiksa dalam perkara besar. Adapun yang
pertama tidak menjaga dari percikan kencing dan yang kedua berjala’ di muka
bumi dengan namimah.” Kemudian beliu mengambil pelepah kurma basah dan membelai
menjadi dua lalu beliau menancapkan pada setia} kuburan satu pelepah kurma.”
Mereka berkata “Wahai Rasulullah, kenapa engkau melakukan itu?” Beliau
bersabda, “Mudah-mudahkan diringankan (siksa kubur) dari keduanya, selagi
(pelepah kurma itu) belum kering.” (HR. Bukhari dan Muslim)
9. Azab Kubur Bagi Khatib Gadungan
Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
“Aku pernah mendatangi sekelompok laki-laki pada waktu Isra’
mi’rajku yang lisan mereka sedang dipotong-potong dengan alat pemotong dari
neraka. Aku bertanya, ‘Siapakah mereka, wahai Jibril?’ Beliau menjawab, ‘Mereka
adalah para khatib dari umatmu yang memerintahkan manusia dengan kebaikan
sementara melupakan diri mereka sendiri padahal mereka membaca al-Kitab, apakah
mereka tidak berfikir?’” (Shahih diriwayatkan Imam al-Haitsami dalam Majma
Zawaid dan beliau berkata: Hadits ini diriwayatkan Abu Ya’la dan para perawinya
adalah para perawi hadits shahih. (7/279) dan lihat Shahihul Jami’ no: 129)
10. Azab Kubur yang Menimpa Pendusta, Pezina, Pemakan Riba,
Meninggalkan Shalat dan Orang yang Menelantarkan Al-Qur’an
Nabi صلي الله عليه وسلم bersabda:
لَكِنِّي رَأَيْتُ اللَّيْلَةَ رَجُلَيْنِ
أَتَيَانِي فَأَخَذَا بِيَدِي فَأَخْرَجَانِي إِلَى الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ فَإِذَا
رَجُلٌ جَالِسٌ وَرَجُلٌ قَائِمٌ بِيَدِهِ كَلُّوبٌ مِنْ حَدِيدٍ قَالَ بَعْضُ أَصْحَابِنَا
عَنْ مُوسَى إِنَّهُ يُدْخِلُ ذَلِكَ الْكَلُّوبَ فِي شِدْقِهِ حَتَّى يَبْلُغَ قَفَاهُ
ثُمَّ يَفْعَلُ بِشِدْقِهِ الْآخَرِ مِثْلَ ذَلِكَ وَيَلْتَئِمُ شِدْقُهُ هَذَا فَيَعُودُ
فَيَصْنَعُ مِثْلَهُ قُلْتُ مَا هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا حَتَّى أَتَيْنَا
عَلَى رَجُلٍ مُضْطَجِعٍ عَلَى قَفَاهُ وَرَجُلٌ قَائِمٌ عَلَى رَأْسِهِ بِفِهْرٍ أَوْ
صَخْرَةٍ فَيَشْدَخُ بِهِ رَأْسَهُ فَإِذَا ضَرَبَهُ تَدَهْدَهَ الْحَجَرُ فَانْطَلَقَ
إِلَيْهِ لِيَأْخُذَهُ فَلَا يَرْجِعُ إِلَى هَذَا حَتَّى يَلْتَئِمَ رَأْسُهُ وَعَادَ
رَأْسُهُ كَمَا هُوَ فَعَادَ إِلَيْهِ فَضَرَبَهُ قُلْتُ مَنْ هَذَا قَالَا انْطَلِقْ
فَانْطَلَقْنَا إِلَى ثَقْبٍ مِثْلِ التَّنُّورِ أَعْلَاهُ ضَيِّقٌ وَأَسْفَلُهُ وَاسِعٌ
يَتَوَقَّدُ تَحْتَهُ نَارًا فَإِذَا اقْتَرَبَ ارْتَفَعُوا حَتَّى كَادَ أَنْ يَخْرُجُوا
فَإِذَا خَمَدَتْ رَجَعُوا فِيهَا وَفِيهَا رِجَالٌ وَنِسَاءٌ عُرَاةٌ فَقُلْتُ مَنْ
هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا حَتَّى أَتَيْنَا عَلَى نَهَرٍ مِنْ دَمٍ فِيهِ
رَجُلٌ قَائِمٌ عَلَى وَسَطِ النَّهَرِ
قَالَ يَزِيدُ وَوَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ
عَنْ جَرِيرِ بْنِ حَازِمٍ وَعَلَى شَطِّ النَّهَرِ رَجُلٌ بَيْنَ يَدَيْهِ حِجَارَةٌ
فَأَقْبَلَ الرَّجُلُ الَّذِي فِي النَّهَرِ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَخْرُجَ رَمَى الرَّجُلُ
بِحَجَرٍ فِي فِيهِ فَرَدَّهُ حَيْثُ كَانَ فَجَعَلَ كُلَّمَا جَاءَ لِيَخْرُجَ رَمَى
فِي فِيهِ بِحَجَرٍ فَيَرْجِعُ كَمَا كَانَ فَقُلْتُ مَا هَذَا قَالَا انْطَلِقْ فَانْطَلَقْنَا
حَتَّى انْتَهَيْنَا إِلَى رَوْضَةٍ خَضْرَاءَ فِيهَا شَجَرَةٌ عَظِيمَةٌ وَفِي أَصْلِهَا
شَيْخٌ وَصِبْيَانٌ وَإِذَا رَجُلٌ قَرِيبٌ مِنْ الشَّجَرَةِ بَيْنَ يَدَيْهِ نَارٌ
يُوقِدُهَا فَصَعِدَا بِي فِي الشَّجَرَةِ وَأَدْخَلَانِي دَارًا لَمْ أَرَ قَطُّ أَحْسَنَ
مِنْهَا فِيهَا رِجَالٌ شُيُوخٌ وَشَبَابٌ وَنِسَاءٌ وَصِبْيَانٌ ثُمَّ أَخْرَجَانِي
مِنْهَا فَصَعِدَا بِي الشَّجَرَةَ فَأَدْخَلَانِي دَارًا هِيَ أَحْسَنُ وَأَفْضَلُ
فِيهَا شُيُوخٌ وَشَبَابٌ قُلْتُ طَوَّفْتُمَانِي اللَّيْلَةَ فَأَخْبِرَانِي عَمَّا
رَأَيْتُ قَالَا نَعَمْ أَمَّا الَّذِي رَأَيْتَهُ يُشَقُّ شِدْقُهُ فَكَذَّابٌ يُحَدِّثُ
بِالْكَذْبَةِ فَتُحْمَلُ عَنْهُ حَتَّى تَبْلُغَ الْآفَاقَ فَيُصْنَعُ بِهِ إِلَى
يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَالَّذِي رَأَيْتَهُ يُشْدَخُ رَأْسُهُ فَرَجُلٌ عَلَّمَهُ اللَّهُ
الْقُرْآنَ فَنَامَ عَنْهُ بِاللَّيْلِ وَلَمْ يَعْمَلْ فِيهِ بِالنَّهَارِ يُفْعَلُ
بِهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَالَّذِي رَأَيْتَهُ فِي الثَّقْبِ فَهُمْ الزُّنَاةُ
وَالَّذِي رَأَيْتَهُ فِي النَّهَرِ آكِلُوا الرِّبَا وَالشَّيْخُ فِي أَصْلِ الشَّجَرَةِ
إِبْرَاهِيمُ عَلَيْهِ السَّلَام وَالصِّبْيَانُ حَوْلَهُ فَأَوْلَادُ النَّاسِ وَالَّذِي
يُوقِدُ النَّارَ مَالِكٌ خَازِنُ النَّارِ وَالدَّارُ الْأُولَى الَّتِي دَخَلْتَ
دَارُ عَامَّةِ الْمُؤْمِنِينَ وَأَمَّا هَذِهِ الدَّارُ فَدَارُ الشُّهَدَاءِ وَأَنَا
جِبْرِيلُ وَهَذَا مِيكَائِيلُ فَارْفَعْ رَأْسَكَ فَرَفَعْتُ رَأْسِي فَإِذَا فَوْقِي
مِثْلُ السَّحَابِ قَالَا ذَاكَ مَنْزِلُكَ قُلْتُ دَعَانِي أَدْخُلْ مَنْزِلِي قَالَا
إِنَّهُ بَقِيَ لَكَ عُمُرٌ لَمْ تَسْتَكْمِلْهُ فَلَوْ اسْتَكْمَلْتَ أَتَيْتَ مَنْزِلَكَ
“Akan tetapi
aku bermimpi didatangi oleh dua orang lelaki lalu keduanya memegang tanganku
dan keduanya membawaku ke bumi yang disucikan, tiba-tiba aku dapati seorang
yang sedang duduk dan seorang lagi sedang berdiri sementara di tangannya
memegang tombak dari besi. Sebagian sahabat kami berkata, ‘Dari Musa.’ Tombak
besi itu ditusukkan pada pojok mulut hingga tembus ke tengkuk. Kemudian
ditusukkan pada pojok mulut sebelahnya seperti itu. Setelah pojok mulut pulih
kembali maka disiksa lagi seperti itu.
“Aku bertanya, ‘Siapakah dia itu?’ Kedua orang itu berkata,
‘Pergilah.’ Maka kami pergi hingga bertemu dengan orang yang sedang tidur
terlentang dan seorang lagi berdiri di atas kepalanya dengan memegang alat
pemukul atau batu besar lalu dihantamkan ke arah kepalanya. Ketika dihantam
dengan batu maka batu tersebut terpental. Maka orang itu pergi untuk
mengambilnya dan tidaklah orang itu kembali melainkan kepala tersebut rekat
dan kembali seperti semula. Orang itu kembali kepadanya dan memukulnya.
“Aku bertanya, ‘Siapakah dia itu?’ Keduanya berkata, ‘Pergilah!’
Maka kami pergi hingga sampai di suatu tempat yang berlubang besar seperti
dapur roti bagian atas sempit sedangkan bagian bawah lebar. Dari arah bawah ada
api yang menyala. Ketika api mendekat, maka mereka terangkat hingga mereka
hampir keluar dan ketika api padam mereka kembali ke tempat semula. Dan di
dalamnya terdapat kaum laki-laki dan kaum perempuan dalam kondisi telanjang.
Maka aku bertanya, ‘Siapakah mereka itu?’ Keduanya berkata,
‘Pergilah!” Maka kami pergi hingga kami mendatangi sebuah sungai darah,
sementara ditengah sungai ada seorang lelaki yang berdiri. Dan di tepi sungai
ada seorang lelaki yang di hadapanya ada batu-batu. Ketika orang yang di
tengah sungai berenang ketepi dan hendak keluar darinya maka orang tersebut
melemparkan batu tepat pada mulutnya. Orang tersebut kembali ke tempat semula.
Dan setiap orang tersebut ingin ke tepi dan hendak keluar maka dilempar dengan
batu hingga kembali ke tempat semula.
Aku bertanya, ‘Siapakah dia itu?’ Keduanya berkah ‘Pergilah.’Maka
kami pergi hingga kami sampai di suah taman yang sangat hijau. Dan di dalamnya
terdapat pohon yang sangat besar dan di bawah pohon ada orang tua dan
anak-anak. Sementara ada orang laki-laki yang dekat dengan pohon di tangannya
memegang api yang dia nyalakan lalu dia membawaku ke atas pohon dan
memasukkanku ke dalam sebuah rumah yang belum pernah aku lihat suatu rumah
sebagus itu. Di dalamnu terdapat kaum laki-laki tua, para pemuda, kaum wanita
dan anak-anak. Kemudian keduanya membawaku keluar darinya dan menaikkanku ke
pohon dan memasukkan ku ke sebuah rumah yang lebih bagus dan lebih indah. Di
dalamnya terdapat kaum lelaki tua dan para pemuda.
Aku berkata, ‘Kalian berdua telah membawaku berkeliling semalam
suntuk, maka kabarkan kepadaku tentang apa yang aku lihat?’Keduanya berkata,
‘Ya Adapun orang yang ditusuk pojok mulutnya adalah pendusta yang berbicara
kedustaan. Lalu diambil suatu kabar darinya hingga tersebar ke seluruh penjuru
dunia dan dia disiksa sebagaimana yang kamu lihat hingga Hari Kiamat. Adapun
orang yang dihantam kepalanya dengan batu adalah orang yang diajarkan Allah
tentang Al-Qur’an lalu tidur di malam hari dan tidak mengamalkan (Al-Qur’an) di
siang hari maka dia disiksa hingga Kiamat. Mereka yang kamu lihat berada di
lubang besar maka mereka adalah para pezina. Dan orang yang kamu lihat berada
di tengah sungai adalah pemakan riba. Dan orang tua yang berada di bawah pohon
adalah Nabi Ibrahim, sementara anak-anak yang berada di sekitarnya adalah
anak-anak umat manusia. Dan orang yang menyalakan api adalah malaikat Malik
penjaga neraka. Rumah yang kamu masuki pertama kali adalah rumah hunian kaum
mukminin secara umum. Adapun rumah berikutnya adalah rumah orang-orang yang
mati syahid. Dan Aku adalah Jibril sedang ini adalah Mikail. Maka angkatlah
kepalamu.’
“Maka aku mengangkat kepalaku tiba-tiba ke arah atas aku melihat
seperti mendung. Keduanya berkata, ‘Itu adalah rumahmu.’
“Aku berkata, ‘Biarkan aku masuk ke rumahku.’ Keduanya berkata,
‘Sesungguhnya kamu masih punya sisa umur yang belum kamu habiskan, jika kamu
telah menyempurnakan umurmu, maka kamu akan memasuki rumahmu.” (HR. Bukhari)
Posting Komentar